WELCOME 3:)

LETS ROCK WITH THE WORLD
MAKING WORLD KNOW WHO US
and SHOWING REASON for OUR EXISTENCE

Total Pageviews

Sunday, February 27, 2011

[close]

Six Thinking Hats Enam Topi Berpikir
From Wikipedia, the free encyclopedia Dari Wikipedia, ensiklopedia bebas
Jump to: navigation , search Langsung ke: navigasi , cari

The de Bono Hats system (also known as "Six Hats" or "Six Thinking Hats") is a thinking tool for group discussion and individual thinking. The de Bono Topi sistem (juga dikenal sebagai "Enam Topi" atau "Enam Topi Berpikir") adalah alat berpikir untuk diskusi kelompok dan pemikiran individu. Combined with the idea of parallel thinking which is associated with it, it provides a means for groups to think together more effectively, and a means to plan thinking processes in a detailed and cohesive way. Dikombinasikan dengan gagasan pemikiran paralel yang berkaitan dengan itu, ia menyediakan sarana bagi kelompok-kelompok untuk berpikir bersama lebih efektif, dan sarana untuk merencanakan proses berpikir dengan cara yang rinci dan kohesif. The method is attributed to Dr. Edward de Bono and is the subject of his book, Six Thinking Hats [ 1 ] . Metode ini dikaitkan dengan Dr Edward de Bono dan merupakan subjek bukunya, Enam Topi Berpikir [1] .

The paternity of this method is disputed by the School of Thinking. [ 2 ] Siapa ayah dari metode ini adalah sengketa oleh Fakultas Berpikir. [2]

The method is finding some use in the UK innovation sector, is offered by some facilitation companies and has been trialled within the UK civil service . [ 3 ] Metode ini menemukan beberapa digunakan di Inggris inovasi sektor, yang ditawarkan oleh beberapa fasilitasi perusahaan dan telah diujicobakan di Inggris pegawai negeri sipil . [3]
Contents Isi
[hide]

* 1 Underlying principles 1 Underlying prinsip-prinsip
* 2 Parallel thinking 2 Paralel berpikir
* 3 Strategies and Programs 3 Strategi dan Program
o 3.1 Example programs [4] Contoh program 3.1 [4]
* 4 Types of hat 4 Jenis topi
o 4.1 White hat – Facts & Information 4.1 White topi - Fakta & Informasi
o 4.2 Red hat – Feelings & Emotions 4.2 Red topi - Perasaan & Emosi
o 4.3 Black hat – Being Cautious 4.3 Black topi - Menjadi Waspada
o 4.4 Yellow hat – Being Positive and Optimistic 4.4 Kuning topi - Menjadi Positif dan Optimis
o 4.5 Green hat – New Ideas 4.5 Hijau topi - Gagasan Baru
o 4.6 Blue hat – The Big Picture 4.6 Blue topi - The Big Picture
* 5 Application Method 5 Aplikasi Metode
* 6 Summary 6 Ringkasan
* 7 Publication data 7 Publikasi Data
* 8 See also 8 Lihat juga
* 9 References 9 Referensi

[ edit ] Underlying principles [ sunting ] prinsip-prinsip yang mendasari

The premise of the method is that the human brain thinks in a number of distinct ways which can be identified, deliberately accessed and hence planned for use in a structured way allowing one to develop strategies for thinking about particular issues. Premis dari metode ini adalah bahwa otak manusia berpikir dalam beberapa cara berbeda yang dapat diidentifikasi, sengaja diakses dan maka direncanakan untuk digunakan dalam cara yang terstruktur yang memungkinkan seseorang untuk mengembangkan strategi untuk berpikir tentang isu-isu tertentu. Dr de Bono identifies six distinct states in which the brain can be "sensitised". Dr de Bono mengidentifikasi enam negara yang berbeda di mana otak dapat menjadi "sensitif". In each of these states the brain will identify and bring into conscious thought certain aspects of issues being considered (eg gut instinct, pessimistic judgment, neutral facts). Dalam masing-masing negara otak akan mengidentifikasi dan membawa ke sadar aspek-aspek tertentu memikirkan masalah yang sedang dipertimbangkan (usus insting misalnya, penilaian pesimis, fakta-fakta netral).

A compelling example presented is sensitivity to "mismatch" stimuli. Sebuah contoh menarik yang disajikan adalah kepekaan terhadap rangsangan "mismatch". This is presented as a valuable survival instinct, because, in the natural world, the thing that is out of the ordinary may well be dangerous. Ini disajikan sebagai naluri bertahan hidup yang berharga, karena, di dunia alam, hal yang luar biasa mungkin berbahaya. This state is identified as the root of negative judgment and critical thinking . Keadaan ini diidentifikasi sebagai akar dari penilaian negatif dan berpikir kritis .

Six distinct states are identified and assigned a color: Enam negara yang berbeda diidentifikasi dan ditugaskan warna:

* Information: (White) - considering purely what information is available, what are the facts? Informasi: (Putih) - murni mempertimbangkan informasi apa yang tersedia, apa fakta?
* Emotions (Red) - instinctive gut reaction or statements of emotional feeling (but not any justification) Emosi (Red) - reaksi usus naluriah atau laporan perasaan emosional (tapi bukan pembenaran ada)
* Bad points judgment (Black) - logic applied to identifying flaws or barriers, seeking mismatch Bad poin penghakiman (Black) - logika digunakan untuk mengidentifikasi kekurangan atau hambatan, mencari ketidakcocokan
* Good points judgment (Yellow) - logic applied to identifying benefits, seeking harmony Good poin penghakiman (Kuning) - logika diterapkan untuk mengidentifikasi manfaat, mencari harmoni
* Creativity (Green) - statements of provocation and investigation, seeing where a thought goes Kreativitas (Green) - laporan provokasi dan investigasi, melihat di mana pikiran pergi
* Thinking (Blue) - thinking about thinking Berpikir (Blue) - berpikir tentang berpikir

Coloured hats are used as metaphors for each state. topi berwarna digunakan sebagai metafora untuk masing-masing negara. Switching to a state is symbolized by the act of putting on a coloured hat , either literally or metaphorically. Beralih ke negara adalah dilambangkan oleh tindakan mengenakan berwarna topi , baik secara harfiah atau kiasan. These metaphors allow for more complete and elaborate segregation of the states than the preconceptions inherent in people's current language. Metafora ini memungkinkan untuk lebih lengkap dan rumit pemisahan negara-negara daripada prasangka yang melekat dalam bahasa saat ini orang-orang. All of these thinking hats help for thinking more deeply. Semua topi berpikir bantuan untuk berpikir lebih mendalam. The six thinking hats indicate problems and solutions about an idea or a product you might come up with. Keenam topi berpikir menunjukkan masalah dan solusi tentang gagasan atau produk Anda mungkin datang dengan. Furthermore, Dr de Bono asserts that these states are associated with distinct chemical states of the brain — however, no details or evidence of this are presented. Selanjutnya, Dr de Bono menegaskan bahwa negara-negara ini berhubungan dengan negara kimia otak yang berbeda - namun, tidak ada rincian atau bukti dari hal ini adalah disajikan.
[ edit ] Parallel thinking [ sunting ] berpikir Paralel

In ordinary, unstructured thinking this process is unfocussed; the thinker leaps from critical thinking to neutrality to optimism and so on without structure or strategy. Dalam biasa, berpikir tidak terstruktur proses ini unfocussed; lompatan pemikir dari berpikir kritis untuk netralitas untuk optimisme dan seterusnya tanpa struktur atau strategi. The Six Thinking Hats process attempts to introduce parallel thinking . Enam Topi Berpikir upaya untuk memperkenalkan proses berpikir paralel .

Many individuals are used to this and develop their own habits unconsciously. Banyak orang digunakan untuk ini dan mengembangkan kebiasaan mereka sendiri tidak sadar. Sometimes these are effective, other times not. Kadang-kadang efektif, kali lain tidak. What is certain is that when thinking in a group these individual strategies will not tend to converge. Yang pasti adalah bahwa ketika berpikir dalam suatu kelompok strategi-strategi individu tidak akan cenderung untuk berkumpul. As a result, discussion will tend not to converge. Akibatnya, diskusi akan cenderung untuk tidak menyatu. Due to the power of the ego and the identified predilection to black hat thinking in the majority of western culture , this can lead to very destructive meetings. Karena kekuatan ego dan kegemaran diidentifikasi untuk topi hitam berpikir dalam sebagian besar budaya barat , hal ini dapat mengakibatkan merusak pertemuan sangat. Even with good courtesy and clear shared objectives in any collaborative thinking activity there is a natural tendency for "spaghetti thinking" where one person is thinking about the benefits while another considers the facts and so on. Bahkan dengan kesopanan yang baik dan tujuan bersama yang jelas dalam kegiatan berpikir kolaboratif ada kecenderungan alami untuk "spaghetti berpikir" mana satu orang yang berpikir tentang manfaat sementara yang lain mempertimbangkan fakta-fakta dan sebagainya. The hats allow this to be avoided so that everyone together considers the problems, or the benefits, or the facts, reducing distractions and supporting cross pollination of thought. Topi membiarkan ini dihindari sehingga semua orang bersama-sama mempertimbangkan masalah, atau manfaat, atau fakta-fakta, mengurangi gangguan dan mendukung penyerbukan silang pemikiran. This is achieved because everyone will put on one hat, eg, the white hat, together, then they will all put on the next hat together. Hal ini dicapai karena semua orang akan memakai topi, misalnya, topi putih, bersama-sama, maka mereka semua akan memakai topi berikutnya bersama-sama. In this way all present think in the same way at the same time. Dengan cara ini semua yang hadir berpikir dengan cara yang sama pada waktu yang sama. The only exception being the facilitator who will tend to keep the blue hat on all the time to make sure things progress effectively. Pengecualian hanya menjadi fasilitator yang akan cenderung untuk menjaga topi biru pada semua waktu untuk membuat kemajuan memastikan hal-hal yang efektif. The blue hat tends to be the outward-looking, leader/trail blazing hat that attracts the leaders of all groups. Topi biru cenderung menjadi pemimpin, luar-tampak / jejak menyala topi yang menarik para pemimpin dari semua kelompok.
[ edit ] Strategies and Programs [ sunting ] Strategi dan Program

Having identified the six states that can be accessed, distinct programs can be created, these are sequences of hats which encompass and structure the thinking process toward a distinct goal. Setelah mengidentifikasi enam negara bagian yang dapat diakses, program yang berbeda dapat dibuat, ini adalah rangkaian topi yang mencakup struktur dan proses berpikir menuju tujuan yang berbeda. A number of these are included in the materials provided to support the franchised training of the six hats method; however it is often necessary to adapt them to suit an individual purpose. Sejumlah ini termasuk dalam materi yang disediakan untuk mendukung pelatihan waralaba dari metode topi enam, namun sering perlu untuk menyesuaikannya dengan sesuai tujuan yang individu. Also, programs are often "emergent" which is to say that the group might plan the first few hats then the facilitator will see what seems to be the right way to go. Selain itu, program yang sering "muncul" yang mengatakan bahwa kelompok dapat merencanakan beberapa topi pertama kemudian fasilitator akan melihat apa yang tampaknya menjadi cara yang tepat untuk pergi.

Sequences always begin and end with a blue hat; the group agrees together how they will think, then they do the thinking, then they evaluate the outcomes of that thinking and what they should do next. Urutan selalu dimulai dan diakhiri dengan topi biru; kelompok setuju bersama bagaimana mereka akan berpikir, kemudian mereka berpikir, maka mereka mengevaluasi hasil dari berpikir itu dan apa yang harus mereka lakukan selanjutnya. Sequences (and indeed hats) may be used by individuals working alone or in groups. Urutan (dan memang topi) dapat digunakan oleh individu yang bekerja sendiri atau dalam kelompok.
[ edit ] Example programs [ 4 ] [ sunting ] Contoh program [4]
This article may contain original research . Artikel ini mungkin berisi riset asli . Please improve it by verifying the claims made and adding references . Harap memperbaikinya dengan memverifikasi klaim yang dibuat dan menambahkan referensi . Statements consisting only of original research may be removed. Laporan hanya terdiri dari riset asli bisa dihapus. More details may be available on the talk page . (December 2008) Rincian lebih lanjut dapat tersedia pada halaman pembicaraan . (Desember 2008)

* Initial Ideas - Blue, White, Green Ide awal - Biru, Putih, Hijau
* Choosing between alternatives - Blue, White, Green, Yellow, Black, Red Memilih antara alternatif - Biru, Putih, Hijau, Kuning, Hitam, Merah
* Identifying Solutions - Blue, White, Black, Green Solusi Mengidentifikasi - Biru, Putih, Hitam, Hijau
* Quick Feedback - Blue, Black, Green, White Quick Feedback - Biru, Hitam, Hijau, Putih
* Strategic Planning - Blue, Yellow, Black, White Perencanaan Strategis - Biru, Kuning, Hitam, Putih
* Process Improvement - Blue, White, (Other peoples views) Yellow, Black, Green, Red Proses Perbaikan - Biru, Putih, (orang lain views) Kuning, Hitam, Hijau, Merah
* Solving Problems - Blue, White, Green, Red, Yellow, Black Memecahkan Masalah - Biru, Putih, Hijau, Merah, Kuning, Hitam
* Performance Review - Blue, Red, White, Yellow, Black, Green Kinerja Review - Biru, Merah, Putih, Kuning, Hitam, Hijau

[ edit ] Types of hat [ sunting ] Jenis topi

Included below is a brief description of each of the hats and the thinking processes that they represent. Termasuk di bawah ini adalah penjelasan singkat dari masing-masing topi dan berpikir proses yang mereka wakili. Their use is illustrated by examples from a typical commercial environment and also through the analysis of a simple classroom issue - "Students are talking while their teacher is talking". [ 5 ] Penggunaannya diilustrasikan dengan contoh-contoh dari lingkungan komersial yang khas dan juga melalui analisis masalah kelas sederhana - Siswa berbicara sementara mereka adalah guru berbicara "." [5]
[ edit ] White hat – Facts & Information [ sunting ] White hat - Fakta & Informasi

Participants make statements of fact, including identifying information that is absent and presenting the views of people who are not present in a factual manner. Peserta membuat pernyataan fakta, termasuk mengidentifikasi informasi yang tidak hadir dan penyajian pandangan orang-orang yang tidak hadir secara faktual. In many thinking sessions this occurs immediately after an initial blue hat, and is often an extended action with participants presenting details about their organization and the background to the purpose of the thinking session. Dalam sesi banyak pemikiran ini terjadi segera setelah sebuah topi biru awal, dan sering suatu tindakan diperpanjang dengan peserta menampilkan rincian tentang organisasi mereka dan latar belakang dengan tujuan dari sesi berpikir. The key information that represents the inputs to the session are presented and discussed. Informasi utama yang merupakan masukan untuk sesi disajikan dan dibahas. Key absences of information (ie information needs) can also be identified at this point. absensi kunci informasi (kebutuhan informasi yaitu) juga dapat diidentifikasi pada saat ini.

Commercial examples are: contoh Komersial adalah:

* Total sales of this product are €x pa Total penjualan produk ini adalah € x pa
* Our sales data are two years old penjualan kami data dua tahun
* Energy efficiency legislation is expected to impact our ability to run our business in the next five years Undang-undang energi efisiensi diharapkan mempengaruhi kemampuan kita untuk menjalankan bisnis kami dalam lima tahun ke depan
* The number of elderly people in Europe is increasing Jumlah orang tua di Eropa meningkat

Examples in the referenced article are: Contoh dalam artikel yang dirujuk adalah:

* Students are talking while the teacher is talking Siswa berbicara sementara guru berbicara
* There is noise and therefore other students are distracted and can't hear the teacher Ada kebisingan dan oleh karena itu siswa lain terganggu dan tidak bisa mendengar guru
* Students don't know what to do once instructions are given Siswa tidak tahu apa yang harus dilakukan setelah instruksi yang diberikan
* Many students become distracted and off task resulting in the failure to complete work Banyak siswa menjadi terganggu dan tugas off mengakibatkan kegagalan untuk menyelesaikan pekerjaan
* Students are not understanding the focused lecture due to lack of concentration Siswa tidak memahami kuliah difokuskan karena kurangnya konsentrasi

[ edit ] Red hat – Feelings & Emotions [ sunting ] Red hat - Perasaan & Emosi

Participants state their feelings, exercising their gut instincts. Peserta menyatakan perasaan mereka, melatih insting mereka. In many cases this is a method for harvesting ideas - it is not a question of recording statements, but rather getting everyone to identify their top two or three choices from a list of ideas or items identified under another hat. Dalam banyak kasus ini adalah sebuah metode untuk panen ide - itu bukan masalah laporan rekaman, tapi semua orang lebih mendapatkan untuk mengidentifikasi atas mereka dua atau tiga pilihan dari daftar ide atau item diidentifikasi di bawah topi lain. This is done to help reduce lists of many options into a few to focus on by allowing each participant to vote for the ones they prefer. Hal ini dilakukan untuk membantu mengurangi daftar banyak pilihan ke beberapa untuk fokus pada dengan memungkinkan setiap peserta untuk memilih yang mereka inginkan. It is applied more quickly than the other hats to ensure it is a gut reaction feeling that is recorded. Hal ini diterapkan lebih cepat daripada topi lain untuk memastikan itu adalah reaksi usus perasaan yang tercatat. This method can use post-it notes to allow a quick system of voting , and creates a clear visual cue that creates rapid if incomplete agreement around an issue. Metode bisa menggunakan post-it notes untuk memungkinkan cepat sistem pemungutan suara , dan menciptakan isyarat visual yang jelas yang menciptakan cepat jika perjanjian lengkap seputar masalah.

Alternatively it may be used to state ones gut reaction or feelings on an issue under discussion - this is more common when using the hats to review personal progress or deal with issues where there is high emotional content that is relevant to discussion. Alternatif itu dapat digunakan untuk reaksi usus yang negara atau perasaan pada masalah yang sedang dibahas - ini lebih umum saat menggunakan topi untuk meninjau kemajuan pribadi atau berurusan dengan isu-isu di mana terdapat konten emosional yang tinggi yang relevan dengan diskusi.

Finally this hat can be used to request an aesthetic response to a particular design or object Akhirnya topi ini dapat digunakan untuk meminta tanggapan estetika desain tertentu atau objek

Commercial examples are: contoh Komersial adalah:

* I'm enthusiastic about getting involved in selling! Aku antusias terlibat dalam penjualan!
* That role in the company doesn't appeal to me. Bahwa peran dalam perusahaan tidak menarik bagi saya.
* I'd like to do that but I feel uncertain about it. Saya ingin melakukan itu tapi aku merasa tidak pasti tentang hal itu.
* I'm frustrated that we have let the situation get this bad! Saya frustrasi bahwa kita membiarkan situasi mendapatkan ini buruk!

Examples from the referenced article are: Contoh dari artikel yang direferensikan adalah:

* The teacher feels offended Guru merasa tersinggung
* Students become frustrated because they can't hear directions Siswa menjadi frustasi karena mereka tidak bisa mendengar arah
* Those talking enjoy joking around and being heard. Mereka berbicara menikmati bercanda dan didengar.
* It represents emotional thinking of a person. Ini merupakan pemikiran emosional seseorang.

[ edit ] Black hat – Being Cautious [ sunting ] Black hat - Menjadi Waspada

Participants identify barriers, hazards, risks and other negative connotations. Peserta mengidentifikasi hambatan, bahaya, risiko dan konotasi negatif lainnya. This is critical thinking, looking for problems and mismatches. Ini adalah pemikiran kritis, mencari masalah dan ketidakcocokan. This hat is usually natural for people to use, the issues with it are that people will tend to use it when it is not requested and when it is not appropriate, thus stopping the flow of others. topi ini biasanya alami bagi orang untuk menggunakan, masalah dengan itu adalah bahwa orang akan cenderung menggunakannya jika tidak diminta dan jika tidak sesuai, sehingga menghentikan aliran orang lain. Preventing inappropriate use of the black hat is a common obstacle and vital step to effective group thinking. Mencegah penggunaan yang tidak tepat dari topi hitam adalah hambatan umum dan langkah penting untuk berpikir kelompok yang efektif. Another difficulty faced is that some people will naturally start to look for the solutions to raised problems — they start practising green on black thinking before it is requested. Kesulitan lain yang dihadapi adalah bahwa beberapa orang secara alami akan mulai mencari solusi untuk masalah mengangkat - mereka mulai berlatih berpikir hitam hijau pada sebelum diminta.

Commercial examples are: contoh Komersial adalah:

* We will be facing strong competition in that market Kami akan menghadapi persaingan yang kuat di pasar itu
* What if we cannot get enough capital together to support the investment? Bagaimana jika kita tidak bisa mendapatkan cukup modal bersama untuk mendukung investasi?
* We might not be able to make it cheaply enough for our customers to buy it Kami mungkin tidak bisa membuatnya cukup murah bagi pelanggan kami untuk membelinya
* There will be too much political opposition to this approach Akan ada terlalu banyak oposisi politik untuk pendekatan ini
* There is a risk that new legislation will make this market unattractive Ada resiko bahwa undang-undang baru akan membuat pasar ini tidak menarik

Examples from the referenced article are: Contoh dari artikel yang direferensikan adalah:

* Time is wasted Waktu yang terbuang
* Learning is compromised Belajar adalah dikompromikan
* Those speaking feel that black hat listeners do not respect them and do not wish to hear what they are saying berbicara Mereka merasa bahwa pendengar topi hitam tidak menghormati mereka dan tidak ingin mendengar apa yang mereka katakan
* Flow of discussion is less clear Arus diskusi kurang jelas

[ edit ] Yellow hat – Being Positive and Optimistic [ sunting ] topi Kuning - Menjadi Positif dan Optimis

Participants identify benefits associated with an idea or issue. Peserta mengidentifikasi manfaat yang terkait dengan ide atau masalah. This is the opposite of black hat thinking and looks for the reasons in favor of something. Ini adalah kebalikan dari berpikir topi hitam dan mencari alasan demi sesuatu. This is still a matter of judgment - it is an analytical process, not just blind optimism. Ini masih merupakan masalah pertimbangan - itu adalah proses analisis, bukan hanya optimisme buta. One is looking to create justified statements in favor of the idea or issue. Salah satunya adalah mencari untuk menciptakan laporan dibenarkan dalam mendukung gagasan atau masalah. It is encapsulated by the idea of "undecided positive" (whereas the black hat would be skeptical - "undecided negative"). Hal ini encapsulated oleh gagasan "positif ragu-ragu" (sedangkan topi hitam akan skeptis - "bimbang negatif").
The outputs may be statements of the benefits that could be created with a given idea, or positive statements about the likelihood of achieving it, or identifying the key supports available that will benefit this course of action Output mungkin laporan manfaat yang bisa dibuat dengan ide yang diberikan, atau pernyataan positif tentang kemungkinan mencapainya, atau mengidentifikasi kunci tersedia yang akan mendukung manfaat ini tindakan

Commercial examples are: contoh Komersial adalah:

* That would be useful in market X Yang akan berguna di pasar X
* That would reduce the environmental impact of our activities Itu akan mengurangi dampak lingkungan dari kegiatan kami
* This approach will make our operations more efficient Pendekatan ini akan membuat operasi kami lebih efisien
* We could use our existing distribution channels for this product Kita bisa menggunakan yang sudah ada jalur distribusi untuk produk ini

Examples from the referenced article are: Contoh dari artikel yang direferensikan adalah:

* Everyone is able to say what is on their minds. Setiap orang dapat mengatakan apa yang ada di pikiran mereka.
* It can be fun. Hal ini dapat menyenangkan.
* Not only the 'smart kids' get to speak. Tidak hanya 'anak pintar' mendapatkan untuk berbicara.
* One doesn't have to wait to share their ideas and therefore risk forgetting information. Orang tidak harus menunggu untuk berbagi ide mereka dan oleh karena itu informasi risiko lupa.

[ edit ] Green hat – New Ideas [ sunting ] topi Green - Ide Baru

This is the hat of thinking new thoughts. Ini adalah topi pemikiran pemikiran baru. It is based around the idea of provocation and thinking for the sake of identifying new possibilities. Hal ini didasarkan di sekitar gagasan provokasi dan berpikir demi mengidentifikasi kemungkinan-kemungkinan baru. Things are said for the sake of seeing what they might mean, rather than to form a judgement. Hal-hal yang dikatakan demi melihat apa yang mereka mungkin berarti, bukan untuk membentuk penghakiman. This is often carried out on black hat statements in order to identify how to get past the barriers or failings identified there (green on black thinking). Hal ini sering dilakukan terhadap laporan topi hitam untuk mengidentifikasi cara untuk melewati hambatan atau kegagalan diidentifikasi ada (hijau pada berpikir hitam). Because green hat thinking covers the full spectrum of creativity, it can take many forms. Karena berpikir topi hijau mencakup spektrum penuh kreativitas, ia dapat mengambil banyak bentuk.

Commercial examples are: contoh Komersial adalah:

* What if we provided it for free? Bagaimana jika kami menyediakan secara gratis?
* Could we achieve it using technology X instead? Bisakah kita mencapainya menggunakan teknologi X saja?
* If we extended the course by half a day it would really help people understand Jika kita diperpanjang saja dengan setengah hari itu benar-benar akan membantu orang memahami
* How would someone from profession X view this Bagaimana seseorang dari pandangan ini profesi X
* Fish (green hat thinking can include random word stimulus methods) Ikan (topi berpikir hijau dapat termasuk metode kata stimulus acak)

Examples from the referenced article are: Contoh dari artikel yang direferensikan adalah:

* Teacher will be more aware about the amount of time they spend talking Guru akan lebih sadar tentang jumlah waktu yang mereka gunakan berbicara
* Teacher will try to incorporate interaction from a variety of different students rather than just the 'smart kids' Guru akan mencoba untuk menggabungkan interaksi dari berbagai siswa yang berbeda daripada hanya 'anak-anak pintar' yang
* Students will resist the urge to say whatever is on their mind. Siswa akan menahan keinginan untuk mengatakan apa pun yang ada di pikiran mereka. They will think about what they have to say and whether it is relevant to the topic Mereka akan berpikir tentang apa yang mereka katakan dan apakah itu relevan dengan topik
* Students will take into account whether their comment will interfere with other people's learning Siswa akan mempertimbangkan apakah komentar mereka akan mengganggu milik orang lain belajar
* Students will think of new ways to communicate rather than talking in class, for example, talk on Messenger Siswa akan memikirkan cara-cara baru untuk berkomunikasi daripada berbicara di kelas, misalnya, berbicara di Messenger
* Students will be able to develop ideas as a result of being creative in class Siswa akan dapat mengembangkan ide-ide sebagai hasil dari kreatif di kelas

[ edit ] Blue hat – The Big Picture [ sunting ] Topi Biru - The Big Picture

This is the hat under which all participants discuss the thinking process. Ini adalah topi dimana semua peserta membahas proses berpikir. The facilitator will generally wear it throughout and each member of the team will put it on from time to time to think about directing their work together. Fasilitator umumnya akan memakainya di seluruh dan setiap anggota tim akan menempatkan pada dari waktu ke waktu untuk berpikir tentang mengarahkan pekerjaan mereka bersama-sama. This hat should be used at the start and end of each thinking session, to set objectives, to define the route to take to get to them, to evaluate where the group has got to, and where the thinking process is going. topi ini harus digunakan pada awal dan akhir setiap sesi berpikir, untuk menetapkan tujuan, untuk menentukan rute untuk mengambil untuk sampai ke mereka, untuk mengevaluasi di mana kelompok ini harus, dan dimana proses berpikir yang terjadi. Having a facilitator maintain this role throughout helps ensure that the group remains focused on task and improves their chances of achieving their objectives. Memiliki fasilitator mempertahankan peran seluruh membantu memastikan bahwa kelompok tetap terfokus pada tugas dan meningkatkan peluang mereka untuk mencapai tujuan mereka. The blue hat is also an organization of thinking. Topi biru juga merupakan organisasi berpikir. What have we done so far? Apa yang telah kita lakukan sejauh ini? What can we do next? Apa yang bisa kita lakukan selanjutnya?

Commercial examples are: contoh Komersial adalah:

* We'll follow this program of thinking to start the day - does everyone agree? Kami akan mengikuti program ini berpikir untuk memulai hari - tidak semua orang setuju?
* OK time to move on to some yellow hat thinking waktu OK untuk beralih ke beberapa topi kuning pemikiran
* Stop there - you are getting into debate. Berhenti di sana - Anda masuk ke debat. Lets do some black hat and surface all the issues together first Mari kita melakukan beberapa topi hitam dan permukaan semua isu bersama pertama
* I think we need to revisit our objectives, I'm not sure that they are right in light of our work so far Saya pikir kita perlu meninjau kembali tujuan kami, aku tidak yakin bahwa mereka benar dalam terang dari pekerjaan kami sejauh ini

Examples from the referenced article are: Contoh dari artikel yang direferensikan adalah:

* Teacher learns that they need to monitor the amount of time that they spend talking within the classroom Guru belajar bahwa mereka perlu memonitor jumlah waktu yang mereka menghabiskan berbicara dalam kelas
* Teacher needs to involve all students within discussions Guru perlu melibatkan semua siswa dalam diskusi
* Teacher needs to recognize that some students need thinking time before responding. Guru perlu mengakui bahwa beberapa siswa perlu waktu berpikir sebelum menjawab. Allowing these students time to compute solutions promotes wider participation and increased learning Membiarkan ini waktu siswa untuk menghitung solusi mempromosikan partisipasi yang lebih luas dan meningkatkan pembelajaran
* Students realize that their talking makes the speaker feel unappreciated and disrespected Mahasiswa menyadari bahwa mereka berbicara membuat pembicara merasa dihargai dan dihormati
* Students realize that their comments are jeopardizing the learning of other individuals Mahasiswa menyadari bahwa komentar mereka membahayakan orang lain belajar
* Students realize that talking out of time demonstrates a lack of self-discipline and that not all comments require sharing Mahasiswa menyadari bahwa berbicara di luar waktu menunjukkan kurangnya disiplin diri dan bahwa tidak semua komentar memerlukan berbagi

[ edit ] Application Method [ sunting ] Aplikasi Metode

Whilst the ideas of the hats themselves provide significant benefits, there is more to the six hats method as applied within de Bono thinking systems and as trained under his franchise. Sementara ide-ide dari topi sendiri memberikan manfaat yang signifikan, ada lebih dengan metode topi enam seperti yang diterapkan dalam sistem de Bono berpikir dan dilatih di bawah waralaba-nya. In particular the pace at which the hats are used is highly relevant. Secara khusus kecepatan di mana topi digunakan adalah sangat relevan.

Typically in use a project will begin with an extended white hat action, as everyone gets "on the same page" creating a shared vision of the issue being addressed. Biasanya digunakan proyek akan mulai dengan tindakan topi diperpanjang putih, karena semua orang mendapat "pada halaman yang sama" menciptakan visi bersama tentang isu yang sedang dibahas. Thereafter each hat is used for a few minutes at a time only, except the red hat which is limited to a very short 30 seconds or so to ensure that it is an instinctive gut reaction, rather than a form of judgement. Setelah itu masing-masing topi digunakan selama beberapa menit pada waktu saja, kecuali topi merah yang terbatas pada 30 detik sangat singkat atau lebih untuk memastikan bahwa itu adalah reaksi usus naluriah, bukan bentuk penghakiman. This pace is believed to have a positive impact on the thinking process, in accordance with Malcolm Gladwell 's theories on " blink " thinking. langkah ini diyakini memiliki dampak positif pada proses berpikir, sesuai dengan Malcolm Gladwell teori s 'pada " berkedip berpikir ".

This ensures that groups think together in a focused manner, staying on task, it also ensures that they focus their efforts on the most important elements of any issue being discussed. Hal ini memastikan bahwa kelompok berpikir bersama dalam sebuah cara yang terfokus, tinggal pada tugas, itu juga memastikan bahwa mereka memfokuskan upaya mereka pada elemen yang paling penting dari setiap isu yang sedang dibahas. However, it also has the potential to create conflict if not well facilitated, since people can feel "railroaded". Namun, ia juga memiliki potensi untuk menciptakan konflik jika tidak difasilitasi dengan baik, karena orang bisa merasa "railroaded". To avoid this it is important to notice when there is any significant difference of opinion on the thinking process or the area in which it should focus. Untuk menghindari ini adalah penting untuk memperhatikan bila ada perbedaan yang signifikan pendapat tentang proses berpikir atau daerah di mana harus fokus.
[ edit ] Summary [ sunting ] Ringkasan

Using a variety of approaches within thinking and problem solving allows the issue to be addressed from a variety of angles, thus servicing the needs of all individuals concerned. Menggunakan berbagai pendekatan dalam berpikir dan pemecahan masalah memungkinkan masalah yang akan dibahas dari berbagai sudut, sehingga melayani kebutuhan semua individu yang bersangkutan. The thinking hats are useful for learners as they illustrate the need for individuals to address problems from a variety of different angles. Topi berpikir berguna bagi pelajar karena mereka menggambarkan kebutuhan bagi individu untuk mengatasi masalah dari berbagai sudut yang berbeda. They also aid learners as they allow the individual to recognize any deficiencies in the way that they approach problem solving, thus allowing them to rectify such issues. Mereka juga membantu peserta didik karena mereka memungkinkan individu untuk mengakui kekurangan dalam cara yang mereka pendekatan pemecahan masalah, sehingga memungkinkan mereka untuk memperbaiki masalah tersebut.

de Bono believed that the key to a successful use of the Six Think Hats methodology was the deliberate focusing of the discussion on a particular approach as needed during the meeting or collaboration session. de Bono percaya bahwa kunci untuk keberhasilan penggunaan Enam Topi Berpikir metodologi adalah sengaja fokus diskusi pada pendekatan tertentu yang diperlukan selama pertemuan atau sesi kolaborasi. For instance, a meeting may be called to review a particular problem and to develop a solution for the problem. Sebagai contoh, rapat dapat disebut untuk meninjau masalah tertentu dan untuk mengembangkan solusi untuk masalah tersebut. The Six Thinking Hats method could then be used in a sequence to first of all explore the problem, then develop a set of solutions, and to finally choose a solution through critical examination of the solution set. Enam Topi Berpikir metode kemudian dapat digunakan dalam urutan untuk pertama-tama menyelidiki masalah ini, kemudian mengembangkan seperangkat solusi, dan akhirnya memilih solusi melalui pemeriksaan kritis solusi yang ditetapkan.

So the meeting may start with everyone assuming the Blue hat to discuss how the meeting will be conducted and to develop the goals and objectives. Jadi pertemuan dapat mulai dengan asumsi semua orang topi Blue untuk mendiskusikan bagaimana pertemuan itu akan dilakukan dan untuk mengembangkan tujuan dan sasaran. The discussion may then move to Red hat thinking in order to collect opinions and reactions to the problem. Diskusi mungkin kemudian pindah ke berpikir topi Merah untuk mengumpulkan pendapat dan reaksi terhadap masalah. This phase may also be used to develop constraints for the actual solution such as who will be affected by the problem and/or solutions. Fase ini juga dapat digunakan untuk mengembangkan kendala untuk solusi sebenarnya seperti yang akan terpengaruh oleh masalah dan / atau solusi. Next the discussion may move to the ( Yellow then) Green hat in order to generate ideas and possible solutions. Selanjutnya diskusi dapat pindah ke kemudian) topi Hijau Kuning (untuk menghasilkan ide dan solusi yang mungkin. Next the discussion may move between White hat thinking as part of developing information and Black hat thinking to develop criticisms of the solution set. Selanjutnya diskusi dapat bergerak antara pemikiran topi Putih sebagai bagian dari informasi yang berkembang dan topi Black berpikir untuk mengembangkan kritik dari himpunan solusi.

Because everyone is focused on a particular approach at any one time, the group tends to be more collaborative than if one person is reacting emotionally (Red hat) while another person is trying to be objective (White hat) and still another person is being critical of the points which emerge from the discussion (Black hat). Karena semua orang terfokus pada pendekatan tertentu pada satu waktu, kelompok cenderung lebih kolaboratif daripada jika satu orang yang bereaksi emosional (Red topi) sementara orang lain mencoba untuk bersikap objektif (Putih topi) dan masih orang lain sedang kritis dari titik-titik yang muncul dari diskusi (Black topi).
[ edit ] Publication data [ sunting ] Data Publikasi

* Edward De Bono. Six Thinking Hats (1985) ISBN 0-316-17831-4 Edward De Bono. Enam Topi Berpikir (1985) ISBN 0-316-17831-4

[ edit ] See also [ sunting ] Lihat pula

* Lateral Thinking Berpikir Lateral
* Multiple Intelligence Multiple Intelligence
* Educational psychology Psikologi pendidikan
* Skill Ketrampilan
* Coloured hat Topi berwarna

[ edit ] References [ sunting ] Referensi

1. ^ de Bono, Edward (1985). Six Thinking Hats: An Essential Approach to Business Management . ^ de Bono, Edward (1985): Berpikir Enam. Hats Pendekatan Penting untuk Manajemen Bisnis. Little, Brown, & Company. ISBN 0316177911 (hardback) and 0316178314 (paperback). Little, Brown, & Company. ISBN 0316177911 (hardback) dan 0316178314 (paperback).
2. ^ Dr. ^ Dr Michael Hewitt-Gleeson: Dispute with Edward de Bono Michael Hewitt-Gleeson: Sengketa dengan Edward de Bono
3. ^ Kamal S. Birdi, No idea? ^ Kamal S. Birdi, ide No? Evaluating the effectiveness of creativity training, Journal of European Industrial Training, Vol. Mengevaluasi efektivitas pelatihan kreativitas, Jurnal Eropa Pelatihan Industri, Vol. 29 No. 2, 2005, pp. 102-111, Emerald Group Publishing Limited 29 No 2, 2005, hal 102-111, Publishing Group Limited Emerald
4. ^ Six Thinking Hats; Official training materials, DeBono Thinking Systems ^ Enam Topi Berpikir; materi pelatihan resmi, DeBono Berpikir Sistem
5. ^ Adapted from http://www.teachnet.com/how-to/manage/sixhats120800.html ^ Diadaptasi dari http://www.teachnet.com/how-to/manage/sixhats120800.html

No comments:

Post a Comment

Komentar yang banyak
Kritik dan saran diperlukan dalam pengembangan Blog ini agar menjadi lebih baik