WELCOME 3:)

LETS ROCK WITH THE WORLD
MAKING WORLD KNOW WHO US
and SHOWING REASON for OUR EXISTENCE

Total Pageviews

Saturday, December 18, 2010

Trik Mengoptimalkan Kinerja PC

A. Mempercepat Waktu StartUp
Langkah-langkahnya sebagai berikut :
1. Klik Start, kemudian klik Run...
2. Ketikkan msconfig
3. Pilih tab StartUp, disana akan ada daftar beberapa program yang akan selalu diaktifkan pada saat startup. Hilangkan tanda centang pada program yang tidak diperlukan, kecuali LoadPowerProfile, Systray, Program AntiVirus, atau sesuai dengan keinginan Anda, kemudian klik OK dan restart komputer. Usahakan jangan terlalu banyak yang dicentang. Ini pun berguna untuk menambah resource memory Anda dan otomatis akan meningkatkan kinerja sistem secara keseluruhan.
4. Masuk ke System Properties dengan cara klik kanan My Computer, lalu pilih Properties.
5. Kemudian pada tab Performance pilih File System.
6. Pada tab Floppy Disk hilangkan tanda centang. Hal ini dilakukan apabila Anda telah yakin floppy disk tidak ada masalah.

B. Meningkatkan Performa PC
1. Klik Run lalu ketikkan C:\Windows\System.ini
2. Cari tulisan [386Enh] lalu di bawahnya tambahkan seperti yang di bawah ini :
[386Enh]
32BitDiskAccess=on
DMABufferSize=64
MinTimeSlice=40
LocalLoadHigh=1
ConservativeSwapfile Usage=1
PageBuffers=32
KeyBoostTime=0.1
EMMExclude=A000-FFFF
3. Cari tulisan [vcache] lalu di bawahnya tambahkan seperti yang di bawah ini :
MinFileCache=512
MaxFileCache=32768
ChunkSize=512
Angka tersebut tidaklah mutlak, tergantung jumlah RAM Anda. Misalnya pada RAM 128 MB pada MinFileCache maka perhitungannya adalah 128x4=512. Sedangkan pada MaxFileCache perhitungannya adalah (128x1024):4=32768. Kemudian simpanlah hasil perubahannya dengan mengklik File lalu Save.
4. Klik kanan My Computer lalu pilih Properties. Pada tab Performance pilih Virtual Memory.
5. Lalu pilih Let me specify my own virtual memory setting. Isilah nilai minimum dan maksimum sebanyak jumlah 2 kali RAM Anda. Misalnya RAM Anda 128 MB, maka nilai Min dan Max-nya adalah 256.
6. Masih di System Properties, pilih tab Performance lalu pilih File System.
7. Pada tab CD-ROM kurangi supplemental cache size-nya ke arah kiri, bisa setengah atau full ke kiri. Hal ini dimaksudkan agar mengurangi jumlah memory yang digunakan untuk mengoptimalkan kinerja CD-ROM, dan sisa RAM akan digunakan untuk meningkatkan kinerja PC. Ini sangat berguna bagi Anda yang memiliki RAM kurang dari 128MB dan hal ini dirasa tidak akan mengakibatkan perubahan signifikan pada kinerja CD-ROM.
8. Lalu pada Removable Disk berilah tanda centang dan klik OK, lalu restart komputer,
9. Pada tab Harddisk pada Typical role of disk computer pilihlah Network server. Hal ini sangat berguna bagi Anda yang memiliki RAM mulai dari 128MB ke atas. Klik OK dan restart PC.
10. Bagi Anda yang memiliki PC agak lawas, sebaiknya ganti kedalaman warna ke 16-bit, dan perbedaan kualitas gambar pun tidak terlalu jauh dengan 24-bit atau 32-bit. Dengan ini kinerja PC pun akan meningkat.

C. Mengoptimalkan Modem
1. Masuk ke System Properties lalu pilih Device Manager.
2. Klik dua kali pada Modem lalu pilih Properties.
3. Di tab Modem pada Maximum speed pilihlah menjadi 115200
4. Lalu pada tab Connection pilih Port Setting. Berilah tanda centang, dan pada Receive Buffer dan Transmite Buffer geser ke paling high atau maksimum.
5. Lalu pada Region pilih Indonesia dan Apply.
6. Pada tab Connection pilih Advanced, lalu pada Use flow control pilih Hardware.

D. Mengoptimalkan Kecepatan Transfer Data
1. Masuk System Properties, lalu pada Device Manager klik dua kali CD-ROM, lalu masuk Properties.
2. Lalu beri tanda centang pada DMA. Bila muncul peringatan, klik OK. Namun bila terjadi ketidakstabilan, kembalikan seperti semula. Artinya hardware Anda tidak men-support DMA.
3. Lalu pada Disk Drive klik dua kali, pilih tipe harddisk Anda, lalu Properties. Lakukan hal yang sama seperti pada CD-ROM.

E. Mengurangi Terjadinya Error
1. Klik kanan pada wallpaper di ruang kosong.
2. Lalu pada Active Desktop hilangkan tanda centang View as web page atau Web content. Hal ini untuk mengurangi terjadinya error, seperti munculnya pesan Error Explorer atau Illegal Operation. Selain itu memory resource pun akan bertambah dan otomatis kinerja PC meningkat. Hal ini sangat bermanfaat dan terasa bagi PC yang agak lawas.

Demikian tips-tips mengenai mengoptimalkan kinerja PC yang saya rangkum berdasarkan pengalaman saya dan telah saya rasakan. Semoga bermanfaat bagi kita semua. Selamat mencoba !

Sumber : PCplus by Alvin Widiawan

No comments:

Post a Comment

Komentar yang banyak
Kritik dan saran diperlukan dalam pengembangan Blog ini agar menjadi lebih baik