WELCOME 3:)

LETS ROCK WITH THE WORLD
MAKING WORLD KNOW WHO US
and SHOWING REASON for OUR EXISTENCE

Total Pageviews

Tuesday, December 28, 2010

Pengkoleksian Urin


Urine Collection
Types of urine specimens:
Apabila lebih dari 24 jam, komposisi dan konsentrasi urin akan berubah secara bertahap. Oleh karena itu, beberapa macam dari specimen diambil dengan cara :
    * First morning specimen : Sangat penting dan berkualitas karena lebih berkonsentrasi, pH rendah dan mudah untuk mendeteksi abnormalitasnya, karena terbebas dari pengaruh makanan atau minuman dan perubahan akibat aktivitas fisik. First morning specimen itu diambil langsung setelah kita bangun saat sebelum sarapan atau melakukan aktivitas. Biasanya untuk tes kehamilan.
    * Single random specimen: Dapat diambil kapanpun, saat siang hari atau malam hari.
    * Timed short-term specimens: Pengkoleksian urin saat 2 jam sebelum makan dan 2 jam sesudah makan, dilakukan untuk uji glukosa.
    * Timed long term specimens: Seluruh urin selama 24 jam dikumpulkan. Biasanya diberi pengawet, digunakan untuk uji keratin.
    * Catheterized specimen or specimen from an indwelling catheter: Pemasangan kateter. Contoh: pasien kurang dapat mengontrol pengeluaran urinnya dan biasa dilakukan pada pasien koma.
    * Double voided specimens (test for sugar and acetone)
    * Clean-catch (midstream) specimen untuk urine culture dan cytological analyses (uji microbiology)
    * Suprapubic aspiration: diambil melalui dinding abdominal (bagian atas di simpisis pubic). Dilakukan apabila ada penyumbatan di saluran kencing.
24-hour urine specimen sangat penting bagi tes diagnostic karena dapat menunjukan bagaimana ginjal berradaptasi dengan perubahan kebutuhan fisiologi dalam kurun waktu yang lama. Substansi yang dikeluarkan dari ginjal tidak di ekskresikan dengan rate dan jumlah yang sama selama siang dan malam; maka, random urine specimen tidak dapat secara akurat membantu tes diagnostic. Untuk mencegah kerusakan dari komponen-komponen pada urin, urin haru ditambahkan preservative atau dimasukkan ke dalam kulkas.
Collection of specimens:
Pemeriksaan lab membutuhkan setidaknya 10ml urin untuk routine urinalysis.Untuk wanita, pengumpulan midstream urine dapst terkontaminasi oleh vaginal secretions atau menstrual flow. Mengelap genitalia dengan sterile wipe dapat mengstimulasi voiding reflex pada bayi. Berbagai wadah untuk menyimpan urin dapat disimpan pada genitalia bayi atau anak kecil. Cotton ball di dalam popok dapat digunakan untuk pengkoleksian urin untuk tes dipstick. Urin harus disimpan di dalam container yang steril. Urin harus dipakai untuk pemeriksaan dalam kurun waktu 2 jam, apabila lebih dari 2 jam akan menjadi alkalin karena bacteria akan memecah urea menjadi ammonia dan mengganggu kadar pH nya.

No comments:

Post a Comment

Komentar yang banyak
Kritik dan saran diperlukan dalam pengembangan Blog ini agar menjadi lebih baik