WELCOME 3:)

LETS ROCK WITH THE WORLD
MAKING WORLD KNOW WHO US
and SHOWING REASON for OUR EXISTENCE

Total Pageviews

Saturday, December 18, 2010

Perbedaan antara Tumor Jinak dan Tumor Ganas

Histopatologi
Tumor Jinak
1. Lipoma, dibentuk jaringan dari subkutan tangan, pundak dan pantat atai di peritoneum dekat ginjal. Biasanya berbentuk lobular, kuning serta mengalami penonjolan sekkitar jaringan yang mudah diangkat
2. Papiloma dibentuk di jaringan mukosa sinonasal terdiri dari sel squamous dan kolumnar. Biasanya terjadi pada orang dewasa dengan obstruksi hidung atau epistaksis
3. Osteoma. Terbagi dua yaitu: a. Ivory Osteoma: tumor yang biasanya terjadi di tulang kranium, atau di tulang panjang. Tumor ini berukuran kecil, namun dapat menimb ulkan berbagai gejala. B. Cancellous bony growths: Tumor yang terjadi di tulang panjang, dibentuk dari pengembangan epiphy yang salah yang menyebabkan perubhana bentuk tulang.
4. Myoma, dibentuk dari jaringan otot polos (leiomyoma) biasanya terjadi di uterus yang dapat menyebar dengan membentuk polip.
5. Fibroma, dibentuk dari jaringan fibrosa. Merupakan tumor yang jarang terjadi biasanya terdapat di jaringan subkutan, fascia, dan ginjal. Bermacam-macam tergantung pada jumlah fibrosanya.
6. Angioma. Tumor yang terbentuk dari sel-sel pembuluh darah (hemangioma) atau pembuluh limfa (limfangioma).
Tumor Ganas
1. Squamous cell carcinoma, dibentuk dari jaringan epitel p0ipih,. Serta ditemukan di kulit, bibir, esophagus, faring dan vagina. Selain itu ditemukan di jaringan epitel yang bergrrandular seperti uterus, servik. Perkembangan sel-selnya lambat dan apabila terjadi metastatik menuju ke cairan limfa.
2. Adenocarcinoma adalah tumor ganas dari jaringan epitel yang bergrandular yang berdiferensiasi. 98 % kanker ini menyerang usus besar. Tumor ini menyerang semua lapisan usus.
3. 3 Fibrosarcoma, dibentuk oleh jaringan oto polos. Fibrosarcoma ini jarang terjadi, biasanya dibentuk di peritoneum, paha, dan lutut. Bersifat unencapsulated, infiltrative, hemorraghe, dan necrosis.
4. Malignant lymphoma, kelainan neoplastik jaringan limfoid khususnya limfosit dan sel-sel prekursor dengan disertai pembesaran limfa.
Karakteristik Beningn (jinak) Malignant
Diferrensiasi / anaplasia Well differentiated Poor differentiated
Struktur atypichal: pleomorphism, hiperchromatid, loss of polarity, numerous mitosis
Roles of Growth Bertahan, lambat, mitosis normal Tidak teratu, mitosis abnormal ( sering lambat, sering cepat)
Local Invasion Kohesif, batas jelas, tidak menginvasi jaringan sekitar Terkadang kohesif dan ekspansif
Menginvasi jaringan sekitar
Metastatic/penyebaran Metastatis semakin besar saat tumor semakin besar
Sering muncul
Invasi lokal

1 comment:

Komentar yang banyak
Kritik dan saran diperlukan dalam pengembangan Blog ini agar menjadi lebih baik