WELCOME 3:)

LETS ROCK WITH THE WORLD
MAKING WORLD KNOW WHO US
and SHOWING REASON for OUR EXISTENCE

Total Pageviews

Saturday, December 4, 2010

Islam di Rusia

ISLAM DI RUSIA

Kelas: III-4
Kelompok:

D
I
S
U
S
U
N
Oleh:

Ketua: Muhammad Shanan Asyi
Wakil: Erha Sauvana
Anggota: Heri Ikhsan
Aulia Fajri
Muhammad Iqbal
Muhammad Rizky Sahputra
Samsul Muarrif
Khairul Rizal
Muhammad Maulidi
Mirza Junaidi







MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI
MODEL I BANDA ACEH


BAB I PENDAHULUAN

A. Latar Belakang
Makalah ini dibuat oleh siswa kelas III-4 kelompok 6. Makalah ini bertujuan untuk menambah ilmu kita tentang Islam di negara komunis yaitu Rusia.


BAB II PEMBAHASAN

A. Proses Masuknya Islam di Rusia
Di Rusia ada 2 kota penting tentang peradaban Islam yang pernah berkembang dengan pesat yaitu Samarkand dan Bukhara. Menurut Riwayat, kota Samarkand dibangun oleh Iskandar Zulkarnain sedangkan kota Bukhara sudah ada sebelum Iskandar Zulkarnain datang.
1. Setelah tahun 323 M, kota Samarkand menjadi bagian dari kekuasan yang berpusat di Bactria. Di sana berdiri kerajan Graeco - Bactrion (Bactria Yunani).
2. Pada tahun 55 H, Bukhara dapat dikuasai Islam dengan jalan perdamaian. Setelah itu tentara Islam mulai menduduki kota Samarkand.
3. Pada tahun 88 H Qutaibah bin Muslim Al-Bahily berhasil menaklukan Khurasan.
4. Pada tahun 94 H (713 M) Islam mulai masuk ke Rusia sebagai pusat kegiatan dakwah Islam di Rusia.
Masuknya para pemimpin dan tokoh masyarakat Uzbekistan, Sijistan, Balkh, Bukhara, dan Samakand, membuat agama Islam mulai memancarkan sinarnya di Negara Rusia.

B. Perkembangan Islam di Rusia
Pada tahun 91 H (709 M) Qutaibah bin Muslim Al-Bahily mengadakan perjanjian dengan penguasa Samarkand, yaitu Tharkun. Dalam perjanjian itu Tharkun berjanji akan bersedia membayar pajak sebagai bukti pengakuannya terhadap pemerintahan Islam.
Pada tahun 204 H (819 M) Al- Makmun, khalifah dari Dinasti Bani Abbas yang berpusat di Baghdad, menyerahkan urusan pemerintahan negeri Transoxania khususnya Samarkand dan Bukhara kepada keluarga Asad bin Saman. Sejak itu, kedua kota tersebut berada di bawah kekuasaan Dinasti Samaniyah. Pada masa itu Samarkand menjadi wilayah yang subur dan makmur.

C. Masuknya Dinasti Saljuk Sanjar
Ketika Dinasti Samaniyah runtuh, kota Samarkand dan Bukhara jatuh ke tangan Dinasti Saljuk Sanjar tepatnya pada tahun 495 H (1102 M). Tetapi 40 tahun kemudian pada tahun 536 H (1141 M) kota ini direbut oleh Dinasti Khawarizmsyah yang menjadikan Bukhara sebagai pusat pemerintahannya.

D. Melemahnya Kerajaan Mughal
Melemahnya kerajaan Mughal di India disebabkan karena banyaknya serangan dari raja-raja kristen dan perubahan politik seperti lahirnya kerajaan Uzbekistan dan jatuhnya daerah-daerah kekuasaan Islam ke tangan Rusia.

E. Rusia Jatuh Ke Tangan Komunis
Rusia jatuh ke tangan komunis pada tahun 1338 H (1918 M). Ideologi baru ini menguasai seluruh sistem dan struktur pemerintahan di Rusia. Dengan demikian, daerah - daerah Islam seperti Bukhara dengan mudah dapat dikuasai.





F. Penderitaan Kaum Muslim Uzbekistan
Masyarakat Muslim Uzbekistan mengalami penderitaan dan penyiksaan pada masa Uni Soviet. Semua sekolah dan mesjid – mesjid ditutup, kecuali 4 mesjid dan 2 sekolah. Akan tetapi setelah Uni Soviet bubar di awal tahun 1990-an, negara - negara Islam yang berada di bawah kekuasaan Uni Soviet berhasil memerdekakan diri.

G. Islam Tumbuh Subur di Rusia
Di Rusia, dari hari - kehari makin banyak rakyatnya yang memilih pindah ke agama Islam meskipun sentimen anti Islam tidak kalah hebatnya. Sekitar 20.000 orang telah menjadi mualaf sejak periode Januari sampai Oktober tahun 2004. Dari jumlah pemeluk Islam baru itu 60%-nya adalah dari kaum nasionalis yang belum pernah memeluk agama manapun.
Dengan semakin gencatnya kampanye anti Islam, justru semakin mendorong semangat warga Rusia untuk mencari lebih banyak informasi tentang Islam.


BAB III PENUTUP

A. Kesimpulan
Islam mulai masuk ke Rusia pada tahun 94 H (713 M) dan berkembang dengan baik. Islam juga telah menguasai sebagian Rusia seperti Bukhara, Samarkand, Sijistan, dan lain - lain. Kemudian diperkuat lagi dengan berdirinya Dinasti Saljuk Sanjar tahun 495 H (1102 M), tetapi dalam 40 tahun Dinasti itu runtuh. Setelah itu Islam terus tersebar luas sampai Uzbekistan. Mayoritas masyarakat di Uzbekistan Islam karena Islam telah menjelaskan kepada mereka bahwa Islam itu baik dan memberikan kebebasan beragama. Dan sekarang, Islam sudah tumbuh subur di Rusia walaupun masyarakat Rusia baru sebagian kecil yang memeluk Islam.



B. Pesan atau Saran
Masuknya Islam dengan sangat lancar di Rusia memberikan pesan kepada kita, umat Islam untuk menyebarkan agama Islam seluas luasnya. Kita jangan mau dijajah oleh bangsa Yahudi seperti Amerika dan Israel. Bila ada bangsa Yahudi yang menghina Islam dan ingin menghancurkan Islam kita harus bersatu,

C. Daftar Pustaka
Drs. Murodi dkk, Sejarah Kebudayaan Islam kelas III, Jakarta, Erlangga, 1994.
Republika on-line, Islam Tumbuh Subur di Ru

No comments:

Post a Comment

Komentar yang banyak
Kritik dan saran diperlukan dalam pengembangan Blog ini agar menjadi lebih baik