WELCOME 3:)

LETS ROCK WITH THE WORLD
MAKING WORLD KNOW WHO US
and SHOWING REASON for OUR EXISTENCE

Total Pageviews

Tuesday, January 4, 2011

Transpor Spesimen

SPECIMEN TRANSPORT

Media Transport
Sebaiknya spesimen klinik untuk pemeriksaan mikrobiologik dikirimkan ke Lab. sesegera mungkin, supaya patogen yang mungkin terdapat di dalam spesimen masih viable (hidup).
Kalau tidak diantisipasi akan terjadi keterlambatan, maka gunakan medium transport:
• Stuart”s transport medium
• Amies transport medium
• Cary-Blair medium






Cara penyimpanan dan Pengiriman
Darah disimpan pada suhu kamar,tetapi tidak boleh lebih dari 24 jam, spesimen tidak boleh disimpan dalam lemari es. Spesimen harus segera dikirim ke laboraturium, apabila jarak jauh, spesimen darah dapat dimasukkan ke dalam botol/tabung yang berisi antikoagulan sodium polyanethol sulfonate

Spesimen Sputum dan urin harus sudah tiba di laboraturium dalam waktu 1 jam, bila
tidak memungkinkan harus disimpan dalam lemari es (2-8ºC). Pengiriman sputum dan urin dilakukan dalam cooling box kecuali jika pengiriman dapat dilakukan kurang dari 1 jam setelah pengambilan spesimen.

Spesimen tinja harus segera dikirim ke laboraturium (kurang dari 2 jam setelah pengambilan bahan). Bila lebih dari 2 jam spesimen dimasukkan ke dalam media transport Carry & Blair dan disimpan dalam suhu ruang. Bila tidak ada media transport, tinja disimpan dalam suhu 2-8ºC.

Usap tenggorok dan Usap nasofaring Spesimen dimasukkan ke dalam media
Transport. Bila spesimen tidak dapat diproses pada hari yang sama, bisa disimpan pada suhu 2-8ºC. Untuk biakan bakteri mikroaerofilik disimpan dalam suasana CO₂ 5-10% (Sungkup lilin). Pengiriman dilakukan dengan menggunakan cooling box (2-8ºC) kecuali jika waktu
perjalanan kurang dari 24 jam.
Eksudat/pus Spesimen harus sudah sampai di laboraturium dalam waktu 2 jam setelah pengambilan, jika tidak memungkinkan bisa disimpan dalam lemari es (2-8ºC). Pengiriman dilakukan dengan menggunakan cooling box (2-8ºC) kecuali jika perjalanan yang diperlukan kurang dari 2 jam.

Cairan Otak Spesimen harus sudah tiba di laboraturium dalam waktu 1 jam setelah pengambilan, jika tidak memungkinkan spesimen harus disimpan dalam lemari es atau media transport dalam beberapa jam saja. Pengiriman spesimen harus secepat mungkin dengan menggunakan cooling box (2-8ºC) kecuali jika waktu perjalanan kurang dari 1 jam.

No comments:

Post a Comment

Komentar yang banyak
Kritik dan saran diperlukan dalam pengembangan Blog ini agar menjadi lebih baik